Ads from Google

Tuesday, July 24, 2007

visa kerja ke Inggris tanpa tawaran kerja : HSMP

Bismillahirrahmanirrahim.

Maaf ini catatan pribadi dan tidak terlalu akurat.

Setelah coba2 cari jenis visa ke luar negri yg cukup fair, salah satunya adalah HSMP (high skilled migrant program) yg kayaknya diperuntukan untuk yg punya skill profesional dan jarang (ada daftar pekerjaan yg jarang)

Syarat2nya adalah sbb (untuk tahun 2007)

  • punya skor IELTS band 6 (band ini level kali ya), next q: test dimana kalau di indonesia?? dan kapan, biaya serta effort berapa mahal, banyak dan lama ???
  • point lulus HSMP minimal 75 dihitung dari berbagai faktor: pendidikan, umur, lama pengalaman kerja, gaji sekarang. Semua harus dibuktikan bukan dari CV tapi dari dokumen2 resmi seperti form pajak (menunjukkan penghasilan), ijazah, dll
  • untuk coba liat skor bisa coba kalkulator HSMP http://www.hsmp.uk.com/age.html (site ini belum approved/registered nya, takut tepu)
  • skor HSMP dari gaji: untuk yg kerja di Indonesia harus punya gross salary minimal 5000poundsterling per tahun (Rp 100Jt) untuk dapet point 45
  • skor HSMP dari umur: bisa nyumbang 20 point kalau umur dibawah 27 tahun, tidak ada point kalau diatas 32 tahun
  • skor HSMP dari pendidikan: sarjana 30points, maksimum 50 point untuk PhD, selain itu tidak ada point; bonus tambahan 5 point kalau pendidikan termasuk “UK Qualification”
  • skor HSMP dari pengalaman kerja: hmm ini gak nemu ya, tapi begini kira2: ada keharusan bahwa kita sudah teliti pasar kerja di UK bahwa kita punya skill yg bagus untuk masuk sana “You have researched the UK Job Market and believe that you will find graduate level work”
  • biaya pengurusan HSMP adalah 400poundsterling (Rp 8Jt per 2007), peak pengurusan adalah Me-September, bisa apply kapan saja; pembayaran bisa dengan kartu keredit (kalau mau nyicil bisa juga hehe), uang hangus kalau tidak lulus
  • dapat HSMP belum tentu dapat visa kunjungan ke Inggris, untuk visa kunjungan ini ada biasa tambahan jg 200poundsterling (Rp 4Jt)
  • dapat HSMP dan visa kunjungan belum tentu dapat kerja… cepe deh

Urutan dapetin HSMP kayaknya begini deh:

  1. Hitung2 dulu skor kita bahwa kemungkinan besar point kita minimal 75
  2. Survey dan coba2 apply ke perusahaan di Inggris dan yakinkan bahwa keahlian kita cukup dicari di pasar kerja Inggris
  3. apply HSMP dengan cara mengirimkan dokumen2 asli (ijazah, form pajak, dll) ke Inggris
  4. tunggu sampai dapat HSMP dan tidak perlu dapat pekerjaan dulu di Inggris
  5. setelah dapat HSMP perlu dapat visa juga dari kedutaan di Jakarta untuk pergi ke Inggris (dengan tujuan cari kerja atau mulai kerja)

Catatan lainnya:

Tips2:

  • Apply HSMP jangan di bulan2 sibuk Mei-September
  • Gaji belum memenuhi syarat: coba rencanakan contract base yg bisa ngasih gaji minimal 2x gaji permanen (untuk konsultan di Jakarta dg cara kontrak bisa dapet gaji minimal 15Jt-35Jt dan bisa juga lebih per bulannya), ini bisa mempercepat pencapaian syarat minimum gaji per tahunnya
  • Selalu update tiga hal ini dan update juga di CV pribadi untuk laporan 1. knowledge 2. skill 3. expererience. Knowledge diperoleh dari baca buku, seminar, diskusi dg temen dan sharing. Skill dari ngerjain sendiri (tapi bukan untuk perusahaan atau customer, cuman dalam rangka belajar) atau dari experience juga seeeh. Experience: ngerjain sendiri dari tuntutan kerja profesi/profesional. Kalau update sebulan sekali, anda di jalan yang benar (menurut saya hehe).

1 comment:

Ade Prakasa said...

masih berlaku gak nih HSMP nya? modal berapa yah yang dibutuhkan utk pergi ksana?? hmmm sungguh sangat yakin dan bisa cari kerja dsna rasanya :D